Surabaya, 18 Juli 2025 – Direktorat Jenderal Badilum menyelenggarakan kegiatan Asesmen AMPUH (Sertifikasi Pengadilan Unggul dan Tangguh) pada Pengadilan Tinggi Surabaya. Kegiatan diawali dengan Pertemuan Pembukaan yang Bertempat di Ruang Prof. Dr. H. Muhammad Syarifudin, S.H., M.H, Aula Lantai 3 Pengadilan Tinggi Surabaya. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Bapak H. Charis Mardiyanto, S.H., M.H. Kegiatan ini Turut dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Bapak Puji Harian, S.H., M.Hum, Para Hakim Tinggi, Panitera, Plh. Sekretaris, Pejabat Struktural, Fungsional, seluruh aparatur di Pengadilan Tinggi Surabaya serta Tim Asesor dari Ditjen Badilum yang dipimpin oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Bapak Hasanudin, S.H., M.H bersama 4 (empat) orang anggota Tim.
Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya menyampaikan bahwa pada setiap rapat bulanan selalu melakukan sosialisasi internal mengenai implementasi 4 kebijaksanaan Mahkamah Agung yaitu yang menyangkut semuanya masalah integritas PERMA No. 7,8,dan 9 serta Maklumat Ketua Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2017. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengantar dari Ketua Tim Sertifikasi Ampuh Bapak Hasanudin, S.H., M.H dan penandatanganan serta pembacaan nota kesepahaman. Selanjutnya Tim Asesor melaksanakan Asesmen pada setiap kriteria dan lokasi Asesmen pada Pengadilan Tinggi Surabaya. Asesmen Ampuh meliputi bidang teknis (core business) yaitu penyelesaian perkara, tertib administrasi upaya hukum dan layanan hukum, serta bidang non teknis (pendukung) seperti pengeolaan anggaran, sarana, dan sumber daya manusia. Tim Asesor yang diketuai oleh Bapak Hasanudin S.H., M.H juga ikut meninjau pengelolan dan pemberian layanan pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Tinggi Surabaya. Kegiatan Asesemen berjalan dengan lancar dan terkendali, diakhiri dengan Pertemuan Penutupan dengan agenda Penyampaian serta penyerahan hasil temuan oleh Ketua Tim Asesor Ampuh Badilum kepada Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan acara foto bersama. (IL)